Selamat Atas Peluncuran Majalah Online GERMASI "IDEALIS", Terbit Tanggal 5 Setiap Bulan. Jangan Sampai Ketinggalan

Saturday, November 12, 2011

Uning Ogek 2011 diharapkan jadi Duta Pariwisata

Sibolga-Metro Tapanuli
Pasca terpilihnya Oktario Syaputra dan Radha Radhika sebagai uning ogek Sibolga tahun 2011, PB. Germasi melalui melalui ketua departemen wilayah Sibolga Irfan Arhamsyah Sihotang didampingi sekretaris wilayah Arya Wirawan menaruh harapan besar kepada keduanya. Menurut Irfan, bukan rahasia umum lagi bahwa potensi wisata di Sibolga tidak terkelola dengan baik. Keberadaan uning ogek selama ini pun belum berjalan sebagaimana peruntukan sebenarnya yaitu duta pariwisata Sibolga. Kesan yang ada selama ini, uning ogek seperti sekelompok pemuda Sibolga yang dipilih dengan menghabiskan anggaran yang besar, dikontrak selama satu tahun dengan biaya yang tidak sedikit pula hanya untuk ngangkat piala Adipura, mengalungkan bunga sama tamu negara dan menari-nari di berbagai iven yang mana semua kegiatan diatas mampu dilakukan oleh siapa pun, organisasi mana pun dan kapan pun tanpa harus menguras APBD Sibolga yang untuk mengurus hal-hal wajib saja masih belum cukup.
Masih menurut Irfan, kualitas pengelolaan uning ogek seperti ini bila dilanjutkan hanya akan buang-buang energi dan tenaga. Karena pada kenyataanya tidak bersentuhan langsung terhadap peningkatan jumlah wisman, publikasi pariwisata dan lain sebagainya. Salah satu faktor penyebab uning ogek tidak sesuai dengan ekspektasi rakyat Sibolga adalah SDM yang disiapkan untuk itu belum memenuhi syarat sebagai duta pariwisata dimana pelajar-pelajar SMA dipaksakan bagian dari uning ogek Sibolga.”umur saja belum matang, kesempatan juga terbatas oleh karena kesibukan di sekolah jadi sangat tidak mungkin bisa maksimal melakukan peranannya sebagai duta pariwisata” terang Irfan.

Untuk itu, mengingat tahun ini salah seorang uning ogek adalah mahasiswa, tentunya harapan yang disandarkan kepundaknya pun cukup besar. Oktario yang notabenenya mahasiswa secara tidak langsung menjadi potret mahasiswa Sibolga pada umumnya. Jadi harus dicatat bahwa, tanggungjawab Oktario sebagai duta pariwisata jauh lebih besar dari duta-duta sebelumnya. Germasi punya harapan yang besar bagi uning ogek sekarang dan juga harapan masyarakat Sibolga pada umumnya. Sebagai duta mereka berkewajiban menjadi penyambung lidah, pikiran, ide dan gagasan masyarakat terhadap masyarakat luas. Namun disisi lain sebagai mahasiswa, Oktorio punya tanggungjawab  Tri Darma Perguruan tinggi khususnya dibidang pengabdian masyarakat. Oktorio harus berani bertindak kritis terhadap segala sesuatu yang tidak berjalan dengan semestinya tentunya sesuai dengan bagroundnya sebagai duta. Disamping itu Oktorio harus berani pula merubah tradisi uning ogek yang tidak pada tempatnya menjadi lebih profesional. Misalnya tradisi ngangkat piala, mengalungkan bunga atau dipajang di acara-acara daerah yang hemat kami hal itu cukup dilakukan oleh orang lain.
Uning ogek harus berani tampil tidak hanya dalam konteks gerak dan irama, tapi harus bisa tampil mengasah wawasan dan pengetahuannya dalam seminar-seminar dan diskusi. Dalam pandangan umum masyarakat uning ogek adalah pemuda dan pemudi teladan yang tentunya keteladanan itu harus bisa dibuktikan melalui karya-karya yang nyata. Oleh karena itu, terlepas dari segala kekurangan yang ada uning ogek harus bisa memaksimalkan potensinya. Tegas irfan mengakhiri.

No comments:

Post a Comment