Selamat Atas Peluncuran Majalah Online GERMASI "IDEALIS", Terbit Tanggal 5 Setiap Bulan. Jangan Sampai Ketinggalan

Monday, December 20, 2010

Makna Lambang Germasi

Pendahuluan

Tampilan logo Germasi dibuat sedemikian rupa mencerminkan kesederhanaan dan jauh dari kesan meniru. Umumnya, logo-logo berbagai organisasi khususnya organisasi yang mengatasnamakan daerah tertentu mengidentikkan lambang organisasinya dengan daerah yang ia wakilkan. Ini tentunya tidak disalahkan dan bukan pula kurang tepat. Namun, ketika Germasi berembuk untuk menentukan sifat dan bentuk logo germasi yang kelak akan dijadikan sebagai lambang pergerakan, rata-rata pengurus mengusulkan agar logo dimaksud tidak mengidentikkan germasi terkungkung oleh kebiasaan-kebiasan yang ada. Pengurus mengusulkan agar logo dimaksud lahir dari kebebasan anggota germasi berimajinasi, sederhana dan jelas. Logo dimaksud juga tidak mengandung makna multi tafsir. Sejatinya, logo merupakan gambaran dasar akan sesuatu yang disimbolkan dengan itu. Maka, kehati-hatian dalam menentukan logo gerakan mahasiswa Sibolga agar tidak terkesan dipaksakan sangat mendasari di buatnya sebuah lambang.

Bentuk Logo/ Lambang Gerakan Mahasiswa Sibolga
Makna Logo Gerakan Mahasiswa Sibolga (Germasi)

Logo germasi terdiri dari beberapa shilhotte yang menyatu menjadi satu kesatuan yang utuh dan selanjutnya ditetapkan sebagai simbol pergerakan mahasiswa Sibolga seluruh Indonesia

Beberapa shillhotte dimaksud diantaranya :

a. Shillhotte matahari. Melambangkan bahwa gerakan mahasiswa Sibolga adalah komunitas mahasiswa yang membawa penerangan dalam konteks ke-ilmuan dan kepedulian dalam bentuk pergerakan baik langsung maupun tidak langsung. Shillhotte Matahari juga melambangkan bahwa Germasi adalah satu kekuatan yang bersatu padu dalam memberikan manfaat bagi orang lain.


b. Shillhotte bendera merah putih yang berkibar melambangkan bahwa sebagai sebuah pergerakan sosial kemasyarakatan. Komunitas germasi adalah orang-orang yang menjadikan kecintaan terhadap bangsa dan negaranya sebagai niat awal mewujudkan tujuannya untuk bersama-sama dengan siapa saja mewujudkan kesejahteraan sosial yang berazaskan keadilan. Wujud kecintaan itu ditunjukkan dengan langkah kongkrit menjadi wadah pertama mendukung setiap kebijakan pemerintah yang pro rakyat dan menjadi wadah pertama pula yang menyuarakan segala kesewenang-wenangan pihak manapun itu terutama pemerintah terhadap masyarakat.

c. Shillhotte huruf “G” merupakan awal kata Germasi, dan juga merupakan awal kata Gerakan. Huruf “G” di bentuk sedemikian rupa (tidak seperti huruf G umunya) melambangkan bahwa germasi adalah komunitas mahasiswa yang kreatif, inovatif dan sederhana.

d. Kata “GERMASI” menunjukkan singkatan dari Gerakan Mahasiswa Sibolga

e. Tulisan Gerakan Mahasiswa Sibolga menunjukkan nama resmi organisasi mahasiswa yang dibentuk khusus oleh komunitas mahasiswa asal Sibolga yang tersebar diseluruh Indonesia.


Makna Kiasan Warna
1. Warna Kuning, melambangkan bahwa Germasi merupakan komunitas mahasiswa yang cerdas, kuat, kreatif dan memiliki visi dan misi yang jelas dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat, bangsa dan negara.

2. Warna Emas, melambangkan bahwa Germasi merupakan komunitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan (harga diri), sejarah, dan kemakmuran.

3. Warna Biru melambangkan kedamaian, kesetiaan dan inteligensi yang tinggi. Biru juga mengandung makna keluasan cara pandang dan keterbukaan menerima saran dan kritikan yang konsruktif bagi perbaikan pergerakan dimasa yang akan datang.

4. Warna Merah melambangkan bahwa Germasi adalah wadah yang kuat, berani, penuh dengan kecintaan dan pengabdian.

5. Warna Putih, melambangkan bahwa Germasi adalah komunitas yang mendasarkan pergerakannya kepada kemurnian dan kesucian cita-cita.

6. Warna Hitam mengandung makna bahwa Germasi adalah organisasi yang memberikan perlindungan, serius, jelas dan tegas.

No comments:

Post a Comment