Selamat Atas Peluncuran Majalah Online GERMASI "IDEALIS", Terbit Tanggal 5 Setiap Bulan. Jangan Sampai Ketinggalan

Monday, February 28, 2011

Membangun Kualitas Pendidikan Sibolga

Oleh : Sri Rezeki Nasution*
Kita semua berharap agar Sibolga ini menjadi salah satu kota Pendidikan yang dikenal dimana saja tapi pada dasarnya masih jauh dari apa yang kita harpkan. Belajar dari daerah lain yang telah menerapkan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dan memberlakukan hari Sabtu menjadi hari yang dikhususkan untuk pengembangan diri dari siswa/I agar mereka mengetahui apa potensi yang ada dlaam dirinya masing-masing Hingga saat ini, sekolah yang menerapkan Sekolah bertaraf Internasional hanya beberapa saja, itu pun dalam satu sekolah hanya ada satu lokal yang menjadi lokal unggulan. Coba semua kelas/lokal yang ada diberlakukan hal yang sama (sama-sama lokal unggulan) insyaallah setiap murid tdak ada lagi yang namanya nilai rapornya merah dan tingggal kelas

Jika hal ini dapat terwujud, tidak menutup kemungkinan warga Sibolga akan menjadi pintar semuanya. Untuk itu, diharapkan juga alokasi dana pendidikan di Kota Sibolga perlu menjadi perhatian lebih dari pemerintah. Karena fasilitas yang ada disekolah-sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA sangat kurang memadai. Kemudian menyediakan beasiswa terutama kepada siswa yang kurang mampu agar siswa tersebut dapat pendidikan yang layak ketika mereka naik kejenjang SMP, SMA maupun PERTI sehingga dapat mengurangi beban orang tua dan mencegah agar para siswa yang kurang mampu putus sekola.

Bukan hanya di sekolah-sekolah, tatanan infrastruktur dan fasilitas umum kota juga bisa dibilang jauh dari harapan. Contohnya saja pelabuhan, di Sibolga pelabuhan itu sangat penting bagi proses perdagangan laut. Disanalah bongkar muat barang yang akan dibawa melalui kapal, tetapi karena kapasitas pelabuhan yang kecil menjadi kendala akan proses bongkar muat ini termasuk kedalamnya adalah gudang tempat penyimpanan barang masih terbatas. Jadi hal ini harus menjadi perhatian dari pemerintah. Apalagi kepala daerah Sibolga yang menjabat saat ini adalah kepada daerah yang baru, jadi kita berharap kepala daerah yang baru ini dapat memberikan perubahan-perubahan yang terasa oleh rakyat.

*Penulis Kepala Departemen Perwakilan Padang Germasi

No comments:

Post a Comment